Senin, 09 November 2009

Teknologi Pengawetan Pangan

Gabriella S. Darmasaputra, siswi SMA Santa Ursula kelas XI IPA 3/12.

Resensi Buku
Data Buku
Judul Buku : Teknologi Pengawetan Pangan
Pengarang : Dr. Ir. Leni Herliani Afrianti, MS.
Penerbit : CV Alfabeta
Jenis Buku : Nonfiksi
Tebal Buku : 201 halaman
Cetakan Pertama
Terbit September 2008

Pendapat Resentor
Buku Teknologi Pengawetan Makanan merupakan salah satu sumber terpercaya yang dapat digunakan untuk mempelajari teknik dan proses pengawetan makanan. Buku ini juga memberikan informasi mengenai penambahan bahan makanan dalam bahan pangan serta batas aman dan dampaknya pada kesehatan.
Pengawetan bahan pangan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang pada dasarnya mematikan atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Metode pengawetan di-kembangkan mulai dalam skala rumah tangga sampai industri besar, yang melibatkan perlakuan fisik (pemanasan, pengeringan, pendinginan, dan pembekuan), penambahan bahan kimia (pengawet, pewarna, pengental, pengikat, cita rasa, pelunak, dsb.), atau kombinasi keduanya, serta iradiasi.
Isi dari buku ini dapat membantu banyak kalangan, mulai dari pelajar, ilmuwan, sampai koki dan ibu rumah tangga. Hal ini dimungkinkan oleh mudah dipahaminya tulisan pe-ngarang, kemudahan bahasa yang digunakan, dan isinya yang mencakup penerapan pengawetan makanan secara luas.
Pembaca dapat dengan mudah mengerti isi buku karena organisasi karangannya yang terstruktur dengan rapi dan penggunaan bahasa yang tidak rumit ataupun berbelit. Ada-nya tabel serta skema yang dicantumkan dalam buku juga membantu pembaca untuk mengetahui teknik pengawetan lebih lanjut. Contoh-contoh yang diberikan dekat deng-an keseharian rakyat Indonesia, sehingga lebih mudah untuk dipraktekkan dalam kehi-dupan sehari-hari. Ilustrasi pengawetan makanan, walaupun sederhana, cukup untuk membuat pembaca lebih mengerti konsep dari proses pengawetan makanan.
Jenis tulisan yang digunakan cukup jelas dengan ukuran yang pas. Desain isi juga tidak terlalu penuh sehingga memudahkan pencarian suatu subjudul tertentu. Walaupun ce-takannya terlihat agak pudar pada beberapa bagian, namun secara keseluruhan cukup memuaskan.
Akhir kata, buku Teknologi Pengawetan Makanan oleh Dr. Ir. Leni Herliani Afrianti, MS. merupakan sumber yang pantas untuk dijadikan referensi dari percobaan ataupun riset mengenai teknik, proses, dan kebaikan serta kelemahan masing-masing jenis penga-wetan bahan pangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar