Sabtu, 07 November 2009

Kimia Organik

XI IPA 3-16 Laurensia Irmayani

Judul : Kimia Organik
Tebal halaman : xii + 448 halaman
Pengarang : Drs. Riswiyanto S., M.Si
Penerbit : Erlangga






Kimia adalah suatu pelajaran kompleks yang tidak hanya dapat dipelajari dengan menghafal rumus-rumus, tetapi juga dimengerti tentang konsep dan mengetahui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Itulah yang diterapkan oleh buku ini. Penulisnya, Drs. Riswiyanto S., M.Si tidak hanya memberikan rumus-rumus semata, namun juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Buku ini menarik karena disusun secara sistematis, dimulai dengan pelajaran sederhana, yaitu tentang senyawa-senyawa karbon sebagai judul bab utama dan dengan sub bab yang berisi tentang ikatan kimia, reaksi asam basa, serta hibridisasi. Lalu pada bab selanjutnya, isi bab akan menjadi semakin kompleks namun tetap dapat dimengerti karena konsep dasarnya sudah dipelajari pada bab-bab sebelumnya.
Dalam buku ini, Drs. Riswiyanto S., M.Si memberi kita beberapa latihan untuk melihat seberapa dalam kita memahami konsep dari materi yang kita pelajari. Namun sebelumnya, diberikan beberapa contoh latihan beserta dengan jawabannya agar ketika pembaca mencoba menjawab latihan tersebut, pembaca dapat mengetahui apakah hasil jawaban dan konsep yang digunakan benar.
Selain itu, di setiap bab, penulis memberikan “topik selingan” yang berisi pengetahuan tambahan tentang topik yang dibahas terutama tentang teknologi kimia terbaru ataupun tentang permasalahan yang muncul di dunia ini yang berhubungan dengan kimia seperti penipisan lapisan ozon. Hal ini sangat membantu pembaca untuk mempunyai wawasan yang luas bukan hanya wawasan dalam konsep kimia tetapi juga wawasan tentang teknologi dan masalah-masalah kimia. Sehingga memungkinkan beberapa pemikiran solusi penyelesaian masalah dan perkembangan teknologi yang seiring dengan perkembangan zaman.
Buku dengan tebal 448 halaman ini dilengkapi dengan tabel daftar unsur, massa atom, simbol, nomor atom, tabel periodik, dan tabel energi disosiasi ikatan rata-rata. Sehingga pembaca dapat semakin mudah dalam mempelajari kimia, juga memudahkan pembaca yang hendak menjawab pertanyaan latihan namun lupa pada unsur-unsur kimia.
Buku ini juga dilengkapi dengan indeks buku yang sangat lengkap sehingga pembaca yang mengalami kesulitan dalam mencari topik yang hendak dipelajari, dapat langsung mencari di dalam indeks buku. Dalam indeks buku, terdapat kata-kata sebagai kata kunci tentang topik yang dibahas. Sama seperti indeks buku yang lainnya, indeks buku ini disusun secara alphabetis. Selain itu terdapat pula daftar isi, untuk membantu pembaca dalam melihat topik yang dibahas oleh setiap bab dan setiap sub bab.
Dalam penentuan sasaran, buku ini lebih ditujukan pada mahasiswa teknik kimia, mahasiswa MIPA, guru-guru kimia, maupun siswa SMA yang hendak mempersiapkan diri untuk Olimpiade Sains Nasional maupun Internasional. Sehingga ada beberapa pelajaran yang dibahas sangat mendetail dan kompleks, sehingga terkadang sulit dimengerti oleh siswa SMA biasa pada umumnya ataupun mudah dimengerti bila terdapat penjelasan lebih lanjut oleh guru kimia di sekolah.
Secara garis besar, dalam buku ini kita dapat mempelajari lebih dalam tentang konsep-konsep dasar kimia pada umumnya dan khususnya kimia organik. Namun, bukan hanya secara konsep dan rumus-rumus, tetapi juga penerapannya dalam kehidupan, perkembangan teknologi, dan masalah-masalah di lingkungan hidup yang tidak lepas dari kimia organik, baik dalam hal yang sederhana maupun dalam hal yang kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar