Minggu, 15 November 2009

Kimia Lingkungan

XI IPA 1 - 32 Shienny

Judul Buku : Kimia Lingkungan
Penyusun : Dr. Rukaesih Achmad, M.Si.
Penerbit : ANDI Yogyakarta
Cetakan : I, 2004
Tebal : xvi +184 ISBN : 979-731-485-5

Bumi kita secara fisik terdiri dari berbagai bahan kimia. Begitu pula dengan kehidupan yang ada di bumi tidak terlepas dari yang namanya zat kimia, mulai dari wujud fisiknya sampai dengan proses – proses yang menyertainya selalu melibatkan zat kimia. Kegiatan yang dilakukan manusia untuk menunjang kebutuhan hidupnya juga membutuhkan bahan baku berupa zat kimia dan reaksi – reaksi kimia di samping proses yang bersifat fisik dan biologis. Masalah lingkungan global sebagai akibat penggunaan zat kimia yang kurang arif yang banyak menimbulkan kerugian bagi makhluk hidup dan lingkungan fisik lainnya.
Bagian selanjutnya membahas susunan dan sifat – sifat kimia air, udara, dan tanah serta reaksi – reaksi kimia yang terjadi di dalamnya. Bagian terakhir buku ini mengemukakan tentang toksikologi kimia yaitu kajian tentang bahan – bahan kimia apa saja yang bersifat toksik, bagaimana cara masuknya ke dalam tubuh, bagaimana distribusi dan ekskresinya, serta efek toksikan terhadap organisme hidup. Penulis mencoba untuk menginformasikannya dalam bentuk buku non – fiksi ilmiah ini yang dispesifikasikan dalam Program Pembelajaran kimia. Buku ini disusun penulis dalam rangka meningkatkan kualitas perkuliahan mahasiswa. Namun demikian buku ini tidak hanya terbatas untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia saja, tetapi dikemas sedemikian rupa sehingga dapat pula digunakan oleh mahasiswa di luar program studi, para guru IPA di SMU, dan para pemerhati lingkungan dalam memperluas wawasannya.
Materi pembelajaran terbagi menjadi beberapa bab pembahasan, dimana hampir di setiap bab dicantumkan gambar, tabel, dan proses – proses kimia yang terjadi. Isi buku diuraikan secara sistematis dan dengan bahasa baku yang sederhana. Dengan design cover yang menarik, kebersihan dan kerapihan pencetakan membuat wajah buku ini mampu menarik para pemerhati lingkungan maupun masyarakat awam untuk membacanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar