Minggu, 15 November 2009

Teknik Laboratorium Kimia

XI IPA 1 - 17 Larasati

No. ISBN : 978-602-8479-18-9
Penulis : Khamidinal, M.Si
Rancang Sampul : Digi Art Jogja
Tata Aksara : Dimaswids
CetakanI : Juni 2009
Penerbit : Pustaka Pelajar

Tidak diragukan lagi bahwa kegiatan di laboratorium kimia merupakan bagian dari pembelajaran ilmu kimia. Banyak hal yang dilakukan di laboratorium kimia seperti praktikum, percobaan sederhana, dan percobaan kimia. Dalam melakukan kegiatan tersebut, praktika sebelumnya diharuskam untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan diri saat percobaan. Praktika juga diharuskan sudah mengetahui berbagai jenis dan fungsi peralatan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan praktikum.
Buku ini merupakan pedoman yang baik bagi praktikan yang kerap melakukan kegiatan praktikum, khususnya praktikum kimia untuk memahami dan menerapkan tata cara penggunaan berbagai macam alat yang terdapat di laboratorium kimia. Keseluruhan buku ini berisi 4 bab besar
Bab pertama buku ini berisi tentang keselamatan kerja saat melakukan percobaan. Di dalam buku ini dijelaskan bahwa keselamatan kerja dan kegiatan praktikum merupakan suatu kesatuan, artinya dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Di dalam bab ini dijelaskan cara-cara yang tepat untuk menghindari kecelakaan dalam percobaan. Kecelakaan tersebut dapat dihindari dengan mengetahui zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh sehingga praktikan dapat berhati-hati bila menggunakan zat-zat tersebut saat percobaan.Lalu dijelaskan juga tentang pengenalan terhadap keadaan berbahaya. Hal ini bertujuan supaya praktikan tidak mengalami cederan akibat percobaan. Selanjutnya bab ini menjeaskan tentang cara merancang percobaan yang aman dan tidak membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Terakhir, bab ini menjelaskan tentang peralatan-peralatan keslamatan kerja dan fungsinya.
Bab kedua buku ini mengenalkan pembaca pada peralatan-pealatan laboratorium yang tebuat dari gelas. Di dalam bab ini dijelaskan tentang sifat peralatan gelas. Dijelaskan juga berbagai macam jenis peralaan yang berbahan gelas beserta fungsinya. Dengan membaca bab ini, pembaca diharapkan dapat memahami sifat peralatan laboratorium.
Pada bab ketiga, buku ini menjelaskan tentang peralatan non gelas dan alat ukur. Bab ini menjelaskan mengenai jenis-jenis peralatan bukan gelas yang terdapat di laboratorium kimia. Kegunaan dari masing-masing alat juga dijelaskan secara umum, lalu berbagai hal yang terkait dengan penggunaan peralatan non-gelas tersebut juga dijelaskan.
Bab keempat berisi tentang tata cara penggunaan peralatan laboratorium. Pada bab ini dijelaskan mengenai cara-cara penggunaan berbagai peralatan yang benar dan aman. Penggunaan peralatan secara benar berarti memenuhi prosedur dan ketepatan yang memenuhi persyaratan. Sedangkan penggunaan peralatan secara aman berarti penggunaan alat-alat laboratorium sesuai dengan standard keselamatan.
Buku ini mempunyai kelebihan yang menurut saya cukup bermanfaat. Di dalam buku ini terdapat gambar-gambar peralatan dan prosedur kerja di laboratorium, sehingga praktikan dapat langsung mengetahui peralatan yang ada di laboratorium kimia. Praktikan juga lebih mudah untuk mengetahui prosedur kerja yang benar saat melakukan percobaan. Cara-cara melakukan percobaan digambarkan secra jelas sehingga pembaca megerti dan memahami maksud penulis buku.
Namun tidak ada sesuatu yang sempurna, begitu pula dengan buku ini. Kekurangan buku ini adalah penjelasan secara tertulisnya kurang mendetail dan jelas. Terkadang penjelasan hanya singkat dan membingungkan.

2 komentar:

  1. kalau bisa camtumkan harganya ya mass
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Klo mw membeli buku ini gmn cara'y y?...
    Coz saya sedang membutuhkan sekali buku2 tentang keterampilan praktikum buat referensi....

    BalasHapus