Kamis, 12 November 2009

Kimia Dasar I

Natasha Angela XI IPA 3 - 24

Identitas buku :
Judul buku : KIMIA DASAR 1
Penulis : Widi Prasetiawan
Penerbit : Penerbit Cerdas Pustaka
Terbit : Februari 2009
Tempat terbit : Jakarta
Cetakan : Pertama
Ukuran : 14,5 cm x 20,5 cm
Halaman : viii + 306 halaman


Buku KIMIA DASAR 1 merupakan buku nonfiksi sains yang membahas khususnya ilmu kimia yang menjadi prasyarat untuk menguasai ilmu-ilmu modern. Buku ini membahas secara lengkap dan mendetail tentang semua pengetahuan dasar kimia antara lain : stoikiometri,gas,termokimia,ikatan kimia,geometri molekul,tabel periodik,cairan padatan,dan larutan.

Dari segi organisasinya, buku ini sudah baik. Kerangka buku sudah disusun dengan baik karena ada keterkaitan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Tingkat materi yang diberikan juga bertahap sehingga pembaca mengetahui apa itu ilmu kimia lalu penerapan ilmu-ilmu kimia.

Dari segi isi, buku ini menganalisis setiap persoalan dengan baik dan serius. Setiap materi dibahas secara mendetail dan juga disediakan contoh soal dalam dua jenis yaitu contoh soal yang disertai pembahasan dan contoh soal yang tidak disertai pembahasan sehingga pembaca dapat melatih kemampuannya.

Dari segi bahasa, buku ini menggunakan bahasa denotatif, buku ini juga menggunakan bahasa yang sesuai dengan EYD. Tetapi ada beberapa simbol yang tidak diberi keterangan sehingga pembaca sulit memahami simbol tersebut.

Dari segi teknis, buku ini sudah baik. Untuk sampul depan cukup menarik dan gambar yang ditampilkan sesuai dengan judul buku. Buku ini juga dicetak dengan rapi dan jarang ditemukan kesalahan pencetakan. Buku ini mencantumkan gambar-gambar dan ilustrasi yang mendukung teori dan hukum yang bersangkutan. Tetapi buku ini kurang berwarna sehingga ada beberapa gambar yang ditampilkan kurang jelas.

Secara keseluruhan, buku ini sudah baik sehingga dapat memberikan pengetahuan kepada pembacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar