Minggu, 15 November 2009

Rahasia Bahan Bakar Air


XI IPA 1 - 33 Stella Lystia.doc

Judul : Rahasia Bahan Bakar Air
Jenis buku : nonfiksi (ilmu pengetahuan & teknologi)
Pengarang : Poempida Hidayatullah dan F. Mustari
Penerbit : UFUK PRESS
Tahun terbit : 2008
Kota terbit : Jakarta
Pewajah sampul : NLG-Non Limit Graphics
Pewajah isi : Ufukkreatif design
ISBN : 979-1238-73-1
Tebal : 137 halaman

Kita mengetahui bahwa peran minyak bumi sangat penting bagi kehidupan manusia. Emas hitam ini diolah menjadi berbagai macam bentuk. Mungkin tidak asing lagi bagi kita dengan kata bensin atau solar. Ya, bensin atau solar merupakan hasil distilasi dari minyak bumi yang dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah minyak bumi merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaruhi dan itulah yang menyebabkan kelangkaan minyak bumi.
Kelangkaan minyak bumi ini menyebabkan harga bahan bakar menjadi mahal karena permintaan terhadap bahan bakar banyak sedangkan persediaan bahan bakar terbatas. Mungkin kita berharap akan ada suatu keajaiban yang dapat menggantikan bensin atau solar dengan bahan yang tersedia melimpah di permukaan bumi ini.
Hal itu tidak mustahil lagi. Buku berjudul “Bahan Bakar Air” mengungkapkan bahwa dengan air sebuah mobil dapat berjalan. Buku karya Poempida Hidayatullah, alumnus University of London, dan F. Mustari, lulusan Melbourne University mengungkapkan tentang teori dan pembuatan teknologi elektrolisa air. Mereka mengawali karya ini dengan memberikan teori, informasi penting, fakta-fakta, dan kontroversi sejarah penemuan pemanfaatan teknologi air. Lalu kedua penulis ini menjelaskan secara detail mengenai bagaiman cara membuat alat penghemat bahan bakar dengan air, bahan-bahan dasar, alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat unit elektrolisa, cara menghubungkan elektrolisa pada kendaraan, cara memasang unit elektrolisa pada mesin mobil, pengoperasian awal unit elektrolisa, dan sistem perwatannya. .
Sebenarnya teknologi penghematan bahan bakar dengan air ini sudah ada sejak abad 18. Namun penemuan-penemuan itu dihambat oleh pihak-pihak tertentu. Salah satu penemu bahan bakar air yang kisahnya paling menyedihkan adalah Stenley Meyer. Ia meninggal karena diracuni oleh karena penemuannya itu.
Penemu lainnya yaitu Jules Gabriel Verne. Beliau mengungkapkan teori penghematan bahan bakar air yang dikenal dengan istilah elektrolisa air. Kedua penulis ini berpijak pada teori ini yaitu air memiliki dua unsur yaitu hydrogen dan oksigen. Proses elektrolisa HHO adalah memisahkan molekul air menjadi 2 H untuk hydrogen dan 1 O untuk oksigen sehingga menghasilkan kombinasi gas yang dikenal dengan istilah brown gas.
Teknologi elektrolisa ini memberikan banyak keuntungan seperti menghemat bahan bakar air, merawat mesin mobil, mengurangi global warming karena hasil pembakarannya sempurna.
Keunggulan buku ini adalah buku ini menjelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat unit elektrolisa sampai tahap pemasangannya dan bagaimana cara merawatnya. Selain itu buku ini dilengkapi denagn audio visual praktik pembuatannya dalam bentuk VCD yang lebih memperjelas isi buku ini tentang bagaimana cara merakit alat untuk mengirit bahan bakar air. Akan tetapi dalam buku ini sering mengulang topik yang sudah dibahas pada bab sebelumnya. Namun disamping kelemahannya buku ini adalah buku yang sangat menarik untuk dibaca. Bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa fiksi dan mudah dimengerti sehingga kita dapat mengerti semua informasi yang disampaikan dalam buku ini. Selain itu kerangka buku ini dibuat sangat menarik dengan warna yang menarik.

Catatan Kesalahan :
1. Keausan → Kehausan
Pada halaman 46 point 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar