Selasa, 10 November 2009

Einstein Aja Gak Tau

XI IPA 2 – 33 Valerine Chandrakesuma

Judul buku : Einstein Aja Gak Tau
Penulis : Robert L. Wolke
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal Penerbitan : Januari 2003
Bahasa : Indonesia
Ketebalan : 284 halaman
Ukuran : 15 x 23 cm


Buku ini berisi penjelasan ilmiah tentang peristiwa sehari – hari. Peristiwa sehari – hari yang mungkin menjadi pertanyaan di benak kita yang tidak terjawabkan misalnya Mengapa langit berwarna biru? Mengapa nyala lilin berwarna kuning? Mengapa daging ikan putih padahal ikan kan juga punya darah? tahukah bahwa derik jangkrik bisa memberitahu suhu udara kepada kita? Apakah sebutir peluru senapan angin dapat mematikan jika dijatuhkan dari gedung paling tinggi di dunia? Mengapa air dingin mencairkan makanan beku lebih cepat daripada udara panas? Jika kita mengangkut ribuan merpati dalam sebuah trailer, apakah bebannya lebih ringan jika burung-burung itu terus beterbangan?

Berbagai misteri dan fakta menyangkut kehidupan moderen dibahas dalam buku ini dengan bahasa yang definitif, sangat sederhana, dan mudah dimengerti. Banyak sekali kebenaran dan fakta yang mempesona yang diluar dugaan kita mengenai apa yang kita seringkali kita temui di dalam kehidupan kita di sekitar rumah, dapur, garasi, tempat perbelanjaa, maupun di alam bebas.

Salah satu topik yang menarik adalah tentang cara kerja sabun. Sabun merupakan bahan pembersih yang dibuat melalui reaksi antara lemak dan alkali. Pencampuran antara senyawa organik (asam lemak) dan anorganik (alkali) ini menyebabkan sabun memiliki ciri keduanya. Molekul sabun memiliki sebuah kaki organik yang senang berikatan dengan minyak dan satu kaki anorganik yang senang berikatan dengan air. Itulah sebabnya sabun dapat menarik kotoran dari tubuh kita atau pakaian ke air.

Sabun sangat ampuh dalam menarik kotoran yang berselaput minyak. Minyak tidak dapat menguap seperti air. Pembilasan dengan air biasa tidak dapat mengusirnya karena air tidak pernah digubris oleh minyak. Sabun sebetulnya tidak melarutkan minyak, namun mengikat minyak ke dalam air, sehingga akhirnya minyak dapat dibilas dengan mudah

Molekul sabun berbentuk panjang dan tipis. Pada hampir selirih panjangnya strukturnya tepat sama dengan molekul minyak sehingga memiliki keakraban dengan molekul minyak. Sementara pada bagian kepala , ada sepasang atom yang bermuatan listrik yang hanya senang bergabimg dengan molekul air. Kepala inilah yang membuat seluruh molekul sabun menyatu dengan air.

Bila sekelompok sabun bertemu dengan partikel kotoran berminyak pada pakaian, ekpr mereka yang senang berteman dengan minyak mengikatkan diri dengan molekul minyak, sementara kepala mereka membiat molekul sabun tetap menyatu dengan air. Selanjutnya, partikel kotoran yang smula terperangkap dengan minyak kini bebas untuk ikut mengalir bersama air.

Berbagai hal dibahas dalam buku ini, dengan cara yang lebih menyenangkan dan membuat kita ikut membuktikan dengan mencobanya. Setelah membaca buku ini, pengetahuan mengenai benda benda di sekeliling kita pun bertambah. Bahasanya yang ringan dan tidak terlalu baku membuatnya semakin menarik dan penjelasan mudah dimengerti. Ternyata banyak sekali fakta dan pengetahuan yang tersimpan didekat kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar