Minggu, 15 November 2009

Kartun Kimia


XI IPA 1 - 5

Judul Buku : Kartun Kimia
Penulis : Larry Gonick dan Craig Criddle
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Tahun Penerbitan : 2006
Tebal : vi + 250 halaman (termasuk indeks)

Buku berjudul “Kartun Kimia” merupakan sebuah buku non-fiksi ilmiah terjemahan dari buku berjudul The Cartoon Guide to Chemistry. Buku ini merupakan karya seorang kartunis bernama Larry Gonick yang bekerja sama dengan Craig Criddle, seorang profesor teknik lingkungan dan sains di Stanford University, Amerika Serikat.
Buku ini memuat dasar-dasar ilmu kimia yang diterangkan dengan cara yang sedikit berbeda dibandingkan buku teks biasa. Tidak hanya berisi tulisan saja, namun buku ini juga disertai ilustrasi sederhana dan jenaka yang mendukung penulis dalam menerangkan suatu topik tertentu. Hal ini juga merupakan salah satu kelebihan dari buku ini, karena dengan adanya gambar-gambar tersebut membuat materi yang disampaikan menjadi lebih menarik dan tidak membuat jenuh para pembacanya.
Buku ini terdiri dari dua belas bab dan masing-masing bab menjelaskan suatu topik tertentu yang dipaparkan secara rinci serta jelas. Mulai dari asal mula ilmu kimia ditemukan, perkembangannya dan penjelasan tentang dasar-dasar ilmu kimia itu sendiri. Pada setiap bab juga terdapat contoh penyelesaian soal yang membantu pembaca agar dapat lebih memahami topik tertentu yang diterangkan dan bagaimana menyelesaikan soal-soal kimia lainnya. Hal ini membuat buku ini tidak hanya layak dibaca oleh para pelajar, namun masyarakat awam yang tertarik pada ilmu kimia juga dapat memahami buku ini.
Bab 1 bercerita tentang sejarah perkembangan ilmu kimia dimulai dari zaman primitif hingga tabel periodik Dmitri Mendeleev. Bab 2 yang berjudul “Zat Menjadi Listrik” berisi tentang atom yang terdiri dari proton, neutron dan elektron, energi ionisasi, afinitas elektron, serta sifat-sifat logam dan non-logam. Bab 3 berjudul “Kebersamaan” membahas tentang ikatan-ikatan kimia, yang meliputi ikatan ion, ikatan logam, ikatan kovalen dan molekul, bentuk ruang molekul serta polaritas. Bab 4 berisi tentang reaksi kimia dan Bab 5 mengenai kalor reaksi. Bab 6 membahas bagaimana zat dalam suatu wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Bab 7 membahas mengenai larutan yang diawali dengan definisi larutan, dilanjutkan dengan menjelaskan konsentrasi, keterlarutan, pembekuan, dan pendidihan. Bab 8 membahas tentang lajur reaksi yaitu arah tabrakan, reaksi dari jarak dekat, katalis dan kesetimbanganyang dibahas adalah hitungannya serta azas Le Chatelier. Bab 9 berisi mengenai asam dan basa yang terbagi dalam asam dan basa dalam air, pH, ionisasi lemah, penetralan dan garam, titrasi, serta buffer. Bab 10 bercerita tentang termodinamika kimia. Bab ini menerangkan mengapa segala hal terjadi dan pada bab ini dibahas lagi mengenai kesetimbangan. Bab 11 mengenai elektrokimia yang terbagi dalam reduksi oksidasi (redoks), voltase dan energi bebas serta oksidasi glukosa. Bab 12 yang merupakan bab terakhir membahas tentang kimia organik. Pada bagian terakhir buku ini, terdapat lampiran mengenai penggunaan logaritma yang sangat membantu dalam perhitungan kimia, terutama dalam mencari pH asam dan basa.
Walaupun menjelaskan seluk-beluk ilmu kimia dengan bahasa sederhana dan gamblang, kekurangan dari buku ini adalah masih terdapat beberapa terjemahan yang sedikit membingungkan dan kurang pas. Selain itu, masih ditemukan kata-kata yang tidak sesuai dengan ejaan Indonesia yang baik dan benar, antara lain kata “kenapa”. Ada baiknya pembaca membaca buku aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar