Minggu, 08 November 2009

Ekspedisi ke Planet Kimia

Mendalami Dunia Kimia dengan Bantuan Allah

Judul : Ekspedisi ke Planet Kimia : Perjalanan Seru Menemukan Kebesaran Allah
Penulis : Shinta Dewi
Penerbit : Kiblat Buku Utama, Bandung, Mei 2008
Cetakan : ke-1
Uk. buku : 20 cm x 28 cm
Tebal : viii + 192


Selama ini buku-buku IPA seperti kimia yang beredar dan dijadikan pedoman pembelajaran bagi para siswa menggunakan bahasa yang sangat resmi dan sangat dipisahkan dari pelajaran agama namun dalam buku karangan Shinta Dewi, kimia dijelaskan dengan cara penyampaian yang berbeda.
Layaknya buku paket kimia biasa, “Ekspedisi ke Planet Kimia” berisikan pembahasan-pembahasan ilmu kimia yang terdiri dari bab. Bab pertama buku ini membahas dunia atom dan dilanjutkan dengan bab kedua yang membahas tentang tabel periodik. Bab ketiga memiliki judul “Berjalan di Taman Kimia” dan bab keempat berjudul “Utak-Atik di Kota Reaksi”. Larutan elektrolit dan reaksi redoks pun menjadi bahan pembahasan di buku ini. Bab terakhir buku ini yang berjudul “Menjelajah ke Perut Planet Kimia” berisikan latihan-latihan soal yang merangkum seluruh bahan yang telah dipelajari.
Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan buku ini. Buku dengan tebal 192 halaman ini tampil full color dan disertai dengan gambar-gambar menarik serta info-info tambahan yang memberikan penjelasan tentang aplikasi bahan yang sedang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, buku ini juga memiliki latihan soal yang sudah disertai dengan pembahasannya sehingga memudahkan pembaca dalam mencocokan jawaban. Satu hal yang membuat buku ini semakin berbeda dengan buku lainnya ialah kutipan-kutipan Al-quran yang ada di setiap pengantar bab baru yang dihubungkan dengan hal yang akan dipelajari di bab tersebut. Menarik bukan? Hanya saja, karena banyaknya informasi tambahan yang disertakan dalam buku ini, pembahasan materi menjadi kurang mendalam.
Memang, dalam buku ini kita tidak dapat benar-benar mendalami bab-bab yang dibahas, namun inilah salah satu buku unik yang berusahan menggabungkan dunia religi dengan ilmu pasti dan membahasnya dalam kemasan yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar