Minggu, 08 November 2009

Menghasilkan Biodiesel Murah

Elizabeth L. XI IPA 2/7

Identitas Buku
Judul Buku : Menghasilkan Biodiesel Murah
Pengarang : Rama Prihandana, Roy Hendroko, dan Makmuri Nuramin
Penerbit : PT AgroMedia Pustaka
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2006
Cetakan : ke-3

Biodiesel untuk Kita

Biodiesel adalah salah satu bahan bakar nabati (biofuel) yang berperan sebagai instrument penting dalam perencanaan dan pengembangan energi nasional. Peran biofuel tidak hanya untuk mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil, tetapi juga akan berfungsi sebagai penyerap tenaga kerja, mengurangi tingkat kemiskinan, sekaligus akan memperkuat ekonomi nasional, serta memperbaiki lingkungan.
Di buku biodiesel ini berisi tentang FAME (Fatty Acid Methly Ester) yang merupakan bahan baku pembuatan solar, bahan baku fame yang lebih murah, proses pembuatan biodiesel dari CPO mutu rendah, spesifikasi biosolar dan biodiesel, dan juga berbagai gas buangan kendaraan bermotor beserta bahayanya terhadap makhluk hidup.

Kelebihan dari buku ini adalah memiliki banyak gambar berwarna sehingga menarik perhatian pembaca, banyak cara-cara yang memudahkan seperti ada cara pembuatan larutan-larutannya, ada contoh-contoh bahan baku pembuatan biodiesel, ada juga contoh-contoh perusahaan yang bekerja di bidang pembuatan biodiesel maupun perusahaan penghasil bahan baku untuk membuat biodiesel. Dan juga buku ini juga mengungkapkan alasan mengapa FAME lebih aman, terbarukan, dan ramah lingkungan dibandingkan dengan petrosolar. Ditambahkan wawasan yang berhubungan dengan polusi serta dampak negative gas buangan kendaraan bermotor. Dibahas juga perhitungan ekonomi pabrik biodiesel, para rekayasa pabrik biodiesel dan penerapannya di sebuah pabrik biodiesel skala mini di Jawa Timur.
Namun dibalik kelebihan-kelebihan dari buku ini, ada juga beberapa kekurangan dari buku ini, contohnya adalah banyak kata-kata ilmiah yang kurang dapat dimengerti oleh para pembaca, terlalu banyak bahan baku sehingga arti dan maksud bioldiesel sendiri kurang begitu dijelaskan.
Buku ini lebih banyak mengandung tentang Spesifikasi tentang Biosolar dan Biodiesel, dimana kita dapat mengetahui bahan bakar pembuatan Biosolar dan juga Biodiesel dengan Standar National Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar