Sabtu, 07 November 2009

Kartun Kimia

XI IPA 3 - 14 Ivena


Imajinasi Kimia Melalui Kartun

Judul : Kartun Kimia
Penul Penulis : Larry Gonick dan Craig Criddle
Penerbit : KPG
Tebal : vi + 250


Buku yang berisi tentang cara mempelajari kimia disertai dengan gambar-gambar yang menarik, menjadi salah satu karya Larry Gonick dan Craig Criddle yang paling unik dan membuat karya mereka disukai di mana-mana.
Buku ini juga memiliki daya tarik tersendiri karena sifatnya yang animatif dan edukatif. Dengan mengkaji sejarah dan dasar-dasar kimia, teori atom tampaknya menjadi pilihan favorit penulis, yang disertai dengan berbagai animasi yang kerap kali dapat membuat kita tertawa ketika sedang membacanya. Begitu pula pada penjelasan mengenai pembakaran, larutan, stoikiometeri reaksi, mol sampai dengan entalpi yang mengkaji lebih dalam bagaimana hal tersebut dapat terjadi, beserta dengan contoh-contohnya.
Craig Criddle yang merupakan seorang professor teknik lingkungan dan sains bersama dengan rekannya yang merupakan ahli kartunis yaitu Larry Gonick, berkolaborasi untuk membuat dan menerbitkan buku ini, sehingga tak heran jika Kartun Kimia ini dapat memesona banyak orang karena pengarangnya berhasil memberikan penjelasan dan gambaran yang amat menarik dan mudah dicerna oleh pembaca sehingga mereka dapat mengerti konsep kimia secara lebih mendalam.
Pada bab awal buku ini, membahas tentang sejarah kimia yang meliputi tentang pengertian kimia itu sendiri yang dianimasikan oleh gambar yang amat lucu. Lalu bagian ini juga menjelaskan tentang teori–teori yang dikemukakan oleh para ahli seperti teori atom John Dalton, tabel Mendeleev, dsb. Pada bab berikutnya, dibahas tentang electron yang meliputi konfigurasi elektron,afinitas elektron, atom yang meliputi unsure-unsur penyusun atom, nomor atom, ukuran atom, serta sifat logam dan nonlogam.
Pada bab ketiga, mengkhususkan diri mengenai ikatan, seperti ikatan logam, ikatan ion, ikatan kovalen dan molekul, dsb. Lalu bab ini juga memaparkan tentang molekul yang meliputi bentuk dan ruang molekul, molekul bermuatan, dsb. Selanjutnya juga dibahas tentang polaritas yang digambarkan dengan menggunakan animasi dan dijelaskan secara garis besar, sehingga amat menarik untuk dipelajari.
Pada bab berikutnya, dibahas mengenai reaksi kimia. Di mana di dalamnya dipaparkan cara untuk mengerjakan persamaan kimia beserta dengan contoh soalnya,lalu juga terdapat konsep mol yang dapat memberikan kesimpulan bahwa, massa molekul sama dengan massa molar. Selanjutnya juga diajarkan redoks dan bilangan oksidsi, yang disertai dengan contoh pengerjaannya.
Dalam bab kelima, dibahas tentang kalor reaksi, yang berisi tentang usaha dan energi. Yang menyertakan penjelasan singkat mengenai masing-masing energi yang disertai dengan animasi yang unik dan menarik, sehinnga kita dapat memahaminya dengan lebih mudah. Selanjutnya, dibahas pula kapasitas kalor calorimeter dan entalpi, yang disertai dengan contoh soal yang sudah ada pembahasannya.
Dalam bab keenam, yang berjudul zat dalam suatu wujud, memberikan penjelasan singkat mengenai wujud – wujud zat dan daya tarik. Lalu diberikan pula animasi yang amat menarik yang menggambarkan bagaimana zat dengan IMF yang rendah pada temperature yang berbeda-beda. Juga dibahas mengenai hukum – hukum gas yang disertai dengan rumus beserta contoh soal dan akhirnya mengenai penguapan, pengembunan dan peleburan zat yang dijelaskan secara amat terinci dengan dilengkapi kurva-kurva peleburan zat.
Selanjutnya, pada bab berikutnya dibahas tentang larutan. Yang menjelaskan tentang larutan itu sendiri, dengan beberapa contoh larutan seperti gula, asetat, dll. Konsentrasi, pembekuan dan pendidihan juga turut dibahas dalam bab ini, dan dijelaskan dengan amat mendetail ,dan disertai dengan prosesya serta ukuran-ukurannya.
Pada bab 8, yang memiliki sub judul laju reaksi dan kesetimbangan, membahas mengenai laju reaksi dengan amat terinici, disertai dengan contohnya dan rumusnya. Juga dibahas reaksi yang lain seperti arah tabrakan dll. Pada bab ini penggambarannya sangat edukatif, misalnya pada Asas Le Chatelier yang memberikan gambaran dengan menggunakan timbangan untuk menunjukkan kesetimbangan dan adanya penambahan reaktan digambarkan dengan orang yang sedang memukul dengan palu.
Dalam bab yang kesembilan, dibahas mengenai asam basa. Di dalamnya terdaat pengertian dari keduanya dan contohnya. Selanjutnya, terdapat pula pembahasan mengenai pH yang disertai dengan penjelasan singkat dan tabel yang berisis beberapa contoh pH pada beberapa zat, ionisaasi dan penetralan yang disertai dengan contoh soal beserta pembahasannya. Lalu dibahas pula penjelasan singkat mengenai buffer.
Selanjutnya, pada bab 10, yang menjelaskan mengenai termodinamika kimia, membahas tentang entropi dan kesetimbangan. Dalam setiap pembahasan diberikan penjelasan yang amat menarik. Misalnya pada entropi, S dilengkapi dengan penjelasan, rumusnya contoh soal, beserta table entropi molar standar.
Pada bab 11 yang berjudul elektrokimia, terdapat reduksi redoks, yang diberi gambaran lewat plat seng yang dicelupkan dalam larutan tembaga sulfat. Dibahas pula mengenai oksidasi glukosa yang disertai dengan rumusnya.
Dalam bab kedua belas, yang membahas tentang kimia organic, yang disertai dengan contoh-contoh penggambaran hidrokarbon seperti metana, etana, penjelasan dan contoh isomer, serta rantai lainnya seperti alcohol, aldehida, dsb. Juga dibahas mengenai bahan kimia kehidupan, beserta contoh rantainya, seperti alanin, valin, dsb. Terakhir, dalam lampiran, diajarkan tentang cara penggunaan logaritma sehingga dapat mudah untuk dipahami.
Memang tidak ada salahnya membiarkan imajinasi berkelana dengan bebas. Meski demikian, dalam buku Kartun Kimia yang saya baca, seringkali di dalamnya terdapat animasi yang kurang memiliki keterkaitan dengan apa yang sedang dibahas. Walaupun sudah digambarkan dengan sangat bagus, tetapi maksud yang hendak disampaikan dari gambar tersebut kerap kali agak membingungkan.
Terlepas dari kelemahan tersebut, buku ini amat menarik untuk dibaca karena buku ini dapat membuat kita mampu mempelajari konsep dasar kimia seperti sebuah cerita yang mengalir. Misalnya pada bab pertama yang mengatakan bahwa api adalah reaksi kimia yang pertama, selanjutnya mereka bisa menghubungkan itu semua dengan arti kimia dan teori-teori atom menurut para ahli yang dapat dikemas sedemikian rupa, Selai itu, animasi yang diberikan juga mat menarik, sehingga kita dapat semakin tertarik untuk membacanya, karena walaupun merupakan suatu buku yang berisi pelajaran tetapi teta asyik untuk dibaca.
Penggunaan bahasa dalam buku ini juga sangat simple sehingga para pembaca tidak menjadi bingung. Penulis juga dapat menyimpulkan kosep dasar kimia secara garis besar yang disertai dengan rumus, dan contoh soal beserta jawabannya sehingga pembaca selain mengerti konsep dasarnya, juga dapat mengerjakan soal-soal kimia dengan lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar