Selasa, 10 November 2009

Marie Curie dan Radioaktivitas

Judul Buku : Marie Curie dan Radioaktivitas

Penulis : Connie Colwell Miller

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2009

Tebal Buku : 32 halaman

Buku Marie Curie dan Radioaktivitas – buku serial penciptaan dan penemuan merupakan buku terjemahan dari judul aslinya yaitu Invention and Discovery Marie Curie and Radioactivity karya Connie Miller. Selain buku Marie Curie ini, Connie juga mengarang beberapa buku lainnya yang berjudul Elizabeth Cady Stanton: Women's Rights Pioneer, Maria Jones: Labor Leader dan beberapa judul buku lainnya.

Buku yang bercerita tentang penemuan teori radioaktif ini disajikan dalam bentuk komik sains yang didesain semenarik mungkin agar menarik minat pembacanya. Kosa kata yang dipilih oleh Miller juga membantu agar pembaca dapat menangkap maksud ceritanya. Selain itu, buku ini dapat menambah pengetahuan science anda.

Marie Curie dan Radioaktivitas mengisahkan mengenai satu – satunya ilmuwan yang pernah memenangkan Hadiah Nobel Bidang Sains pada dua subjek berbeda, kimia sekaligus fisika. Bekerja sendiri atau bersama suaminya, Pierre, Marrie Currie membuat penemuan bersejarah bersejarah mengenai radiasi. Dalam format komik dramatis, buku ini mengikuti jejak penemuan yang membawa pada kemajuan penting dalam bidang pengobatan, sekaligus juga penciptaan bom atom. Pembaca juga dapat mempelajari cara kerja Curie sampai meninggalnya akibat terpapar radiasi. Kemudian yang melanjutkan proyeknya adalah Irène Curie, anaknya, dan Frédèric Joliat, suaminya.

Buku karya Connie Miller ini tidak luput dari beberapa kelemahan, seperti kurangnya informasi mengenai keluarga Marie Curie yang ternyata Marie memiliki dua orang putri. Yang dipaparkan pada buku ini hanyalah putrinya yang bernama Irène, yang notabene setelah Marie Curie wafat, dialah yang melanjutkan percobaan ibunya. Walaupun sudah memiliki daftar kosakata, ada beberapa kata – kata sulit yang merupakan bahasa ilmiah yang tidak diketahui artinya. Hal tersebut dirasa menyulitkan pembaca yang bukan berasal dari dunia sains.
Abaikan tema cerita yang dirasa boring, karena buku ini menyajikannya dalam bentuk yang berbeda. Buku ini merupakan bacaan ringan yang dapat dikonsumsi oleh semua lapisan umur. Selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar