Minggu, 08 November 2009

Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik

Rachel XI IPA 2 - 17
Judul Buku : Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik

Tebal Buku : 210 hal
Pengarang : Dr. Retno Iswari Tranggono, SpKK
Dra. Fatma Latifah, Apt.
Editor : Joshinta Djajadisastra, Phram., MS, Ph.D
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tahun Terbit : 2007



Kosmetik merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia terutama kaun wanita. Namun, sakarang ini banyak sekali produk-produk kecantikan yang telah menjajikan akan membuat kulit kaum wanita lebih terlihat indah, tidak lagi memperhatikan efek samping dari bahan-bahan kosmetik yang telah dibuat terhadap kulit. Dengan ini, kesehatan kulit tidak lagi dipertimbangkan, kebanyakan hasil dari produk yang dibuat hanya bersifat sementara namun dapat menyebabkan kerusakan pada kulit di kemudian hari.
Buku ini memaparkan banyak sekali pengetahuan tentang kesehatan kulit dan cara merawat kulit, seperti jenis-jenis kosmetik, anatomi dan fisiologi kulit, reaksi kulit terhadap kosmetik, penyiapan kosmetk, kosmetik medik, aspek mikrobiologis dan bahan pengawet kosmetik, cara memproduksi kosmetik, serta tes keamanan dan kontol mutu kosmetik. Buku ini sangatlah penting bagi para ilmuwan dan juga para pengusaha kosmetik agar dapat memproduksi kosmetik yang bahan, formulasi, maupun penggunannnya aman bagi kulit manusia dan tidak menghasilkan efek samping.
Bahasa yang digunakan dalam buku ini pun tidak terlalu sulit dan dapat dengan mudah dimengerti oleh para pembaca. Dalam buku ini juga sisipkan beberapa reaksi kimia yang terjadi untuk mendapatkan peranan pH pada bahan pengawet, dengan begitu pembaca mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang ilmu kimia dalam pembuatan kosmetik.
Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik ini diharapkan akan bermanfaat bagi para mahasiswa dan juga praktisi yang terjuan dalam dunia kecantikan dan industry kosmetik yang saaat ini tumbuh cukup pesat di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar