Minggu, 15 November 2009

Kimia Dasar

Puitry Neurita/27/XI IPA 2

Saya memilih buku yang berjudul“KIMIA DASAR”, yang ditulis oleh Hardjono Sastrohamidjojo ini, dikarenakan buku ini mengandung beberapa materi yang telah saya pelajari. Pada buku ini terkandung materi-materi yang membahas dasar-dasar teori kimia yang telah, sedang, dan yang akan saya pelajari ke depan.
Buku ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah buku ini mengandung materi-materi yang yang merupakan dasar dalam mempelajari teori kimia yang lebih kompleks. Selain itu, buku ini juga menjelaskan materi-materi kimia yang rumit menjadi sedemikian sederhana dan mudah untuk dipahami. Tidak hanya itu, buku ini juga merangkum keseluruhan materi sehingga dituangkan secara garis besar dan sistematis.
Dibalik kelebihan-kelebihan tersebut, buku ini juga memiliki kekurangan, yaitu penampilan buku sangatlah sederhana, sehingga kurang memuculkan ketertarikan dari para pembacanya. Pada bagian dalam buku ini, tidak ada satu bagianpun yang ditampilkan dengan berwarna, sehingga buku ini terlihat sederhana dan kurang menarik.
Apabila buku ini dikemas dengan lebih mearik lagi, buku ini pastilah akan lebih menarik. Dengan kemasan yang menarik, buku ini akan lebih tampak lengkap beserta dengan isinya yang bagus, penjelasan materi yang mudah dipahami, dan tidak rumit. Penjelasan secara garis besar dan sistematis akan membuat kita lebih mudah paham mengenai materi-materi yang rumit dan kompleks.


Ada 14 materi yang dijelaskan di dalam buku ini, yaitu :
1. Teori atom
2. Teori orbital
3. Molekul
4. Stoikhiometri
5. Gas
6. Cairan dan perubahan keadaan
7. Kinetika kimia
8. Keseimbangan kimia
9. Keseimbangan larutan berair
10. Termodinamika
11. Larutan
12. Reaksi-reaksi larutan
13. Titrasi dan kurva pH
14. Elektrokimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar