Minggu, 08 November 2009

Insektisida Pengendalian Hama Tanaman

Marsella XI IPA 2 / 19

Data Buku:

Judul buku : Insektisida Pengendalian Hama Tanaman
Pengarang : Dr. Ir. Baehaki, SE.
Penerbit : Angkasa, Bandung
Tahun terbit : 2005
Cetakan ke : 2 (dua)
Jumlah halaman : 148 halaman

Penggunaan obat-obatan tanaman telah dimulai sejak tahun 900 dengan memunculkan insektisida anorganik. Sampai sekarang ini, telah terdapat berbagai macam insektisida, antara lain insektisida anorganik, insektisida botani, insektisida organic sintetis (hidrokarbon berkhlor), hingga akhirnya muncul juga fungisida, dan pestisida.
Insektisida sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu insektisida hidrokarbon berkhlor, insektisida organofosfat, Insektisida karbamat, Insektisida tiosianat, Dinitrofenol, insektisida organik campuran, insektisida anorganik, insektisida botani, dan insektisida mikroba. Dan masing-masing jenis memiliki sifat yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Insektisida dapat berfungsi sebagai pengusir hama tanaman, namun penggunaan pestisida yang berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman, dan bahkan dapat menyebabkan penyakit pada manusia, yang dapat berakibat pada kematian. Contoh yang mudah adalah DDT (dichlorodiphenyltrichloroetane (1,1,1,trichloro-2,2-bisethane)). DDT dapat membunuh hama dalam stadium larva, namun pada manusia dapat juga menyebabkan penyakit (toksisitas 10 mg/kg), kekejangan (toksisitas 16 mg/kg), dan kematian (toksisitas 285 mg/kg). DDT juga menimbulkan pencemaran.
Buku ‘Insektisida Pengendalian Hama Tanaman’ ini memuat seluk beluk insektisida. Dimulai dengan klasifikasi insektisida, uraian mengenai jenis-jenis insektisida, hingga araktan serangga, dan diakhiri oleh kemosterilan serangga. Jenis-jenis insektisida dibahas secara rinci dan mendalam mulai dari rantai kimianya, hama yang dapat dihilangkan, hingga efeknya pada manusia. Buku ini layak dibaca bagi orang-orang yang memelihara tanaman. Tetapi, buku ini menggunakan bahasa yang cukup sulit untuk dimengerti, sehingga ada kalanya pembaca tidak dapat memahami hal yang dimaksud oleh pengarang.
Pada akhir kata, buku ini dapat menambah pengetahuan warga akan insektisida. Sehingga warga tidak hanya memakai saja, tetapi juga mengetahui efek dari bahan kimia yang dipakainya bagi serangga, bagi tumbuhan itu sendiri, bagi manusia, dan bagi lingkungan di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar