Minggu, 15 November 2009

Pustaka Sains Tersambung-Internet Campuran dan Senyawa

XI IPA 1 - 23 Nadya.doc

Judul buku : Pustaka Sains Tersambung-Internet Campuran dan Senyawa
Penulis : Alastair Smith, Phillip Clarke, dan Corinne Henderson
Penerbit : Usborne
Tahun terbit : 2006
ISBN : 979-534-355-6
Jumlah halaman : 64 halaman
Bahasa : Indonesia

Buku Pustaka Sains tersambung Internet Campuran dan Senyawa (selanjutnya akan dipersingkat menjadi Campuran dan Senyawa) menjelaskan secara teoretis tentang istilah- istilah kimia dasar, seperti campuran, senyawa, ikatan atom, reaksi kimia, pH dan sebagainya. Buku ini juga menyertakan contoh- contoh sederhana dalam kehidupan sehari- hari sehingga lebih mudah dipahami secara logis, serta beberapa percobaan dan pengamatan kecil untuk membuktikan beberapa fakta kimia.
Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga mudah dimengerti,sehingga penjelasan untuk materi yang cukup sulit menjadi lebih mudah untuk dipahami. Ilustrasi gambar yang disajikan juga sangat menarik dan relevan dengan materi yang dibahas, sehingga pembaca tidak mudah bosan dan menjadi lebih tertarik untuk membaca.
Sesuai dengan judulnya, di setiap materi yang dibahas juga diberikan alamat website yang bersangkutan dengan materi untuk memperjelas hal yang bersangkutan dengan materi tersebut.
Secara garis besar, buku ini sangat menarik untuk dibaca, penuh dengan warna dan ilustrasi penjelas, sehingga materi yang sulit menjadi lebih mudah dipahami karena contoh- contoh yang disajikan tidak jauh dari kehidupan sehari- hari.
Setiap halaman dari buku ini didesain yang sangat baik, kalimat dan gambar yang disajikan berkesinambungan dan tidak membingungkan, dan dicetak menggunakan kertas majalah berkualitas baik.
Namun tentu saja, buku ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain tidak menjelaskan secara rinci tentang suatu materi, serta alamat website yang diberikan menggunakan bahasa Inggris, sehingga menyulitkan bagi pelajar atau pembaca yang kurang fasih berbahasa Inggris.
Buku ini ditujukan kepada siapapun yang ingin mengetahui lebih dalam tentang berbagai campuran dan reaksi- reaksi kimia, tetapi buku Campuran dan Senyawa lebih cocok bagi pembaca yang masih asing dan ingin mengetahui lebih banyak tentang kimia, karena istilah- istilah yang diberikan merupakan istilah dasar yang seharusnya sudah tidak asing bagi orang yang terpelajar dalam bidang kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar