Minggu, 08 November 2009

Kimia Organik

Eunice XI IPA 3 / 10


Judul : Kimia Organik
Pengarang : Drs. Riswiyanto S., M.Si
Penerbit : Erlangga
Tanggal Terbit : Mei 2009
Tebal : 448 halaman
Jenis buku : Non-fiksi
Bahasa : Indonesia

Pada buku ‘Kimia Organik’ terdapat 16 pokok persoalan yang dibahas mulai dari materi dasar seperti senyawa karbon dan tata nama senyawa organik hingga polimer dan masih banyak lainnya.
Organisasi karangan pada buku ini sangat sistematis dan hubungan antar satu bagian dengan bagian lainnya harmonis sehingga memudahkan pembaca memahami pokok persoalan yang dibahas. Pada awal bab, disajikan teori-teori dasar dan contohnya sehingga secara bertahap pembaca diharapkan mengerti materi yang disajikan dan mampu mengerjakan soal-soal yang diberikan pada akhir bab. Bagian awal soal diberikan jawaban akhirnya sehingga pembaca dapat mengecek apakah jawabannya betul atau tidak, dan bagian akhir soal merupakan soal latihan tanpa diberikan jawaban akhirnya. Hal ini akan memudahkan pembaca dalam berlatih mengerjakan soal-soal yang disajikan.
Seperti pada buku pelajaran umumnya, ‘Kimia Organik’ menggunakan bahasa denotatif sehingga pembaca dapat dengan mudah mencerna isi dari buku ini. Penyajiannya juga sangat teratur dengan layout yang rapi dan terstruktur, namun menurut penulis, buku dengan tebal 448 halaman ini akan cepat membuat pembaca jenuh karena seluruh isi buku ini hanya berwarna hitam putih.
Secara keseluruhan, ‘Kimia Organik’ sangatlah lengkap sebagai buku ilmu pengetahuan kimia baik hanya untuk sebagai penambah wawasan dalam bidang kimia maupun digunakan sebagai buku pegangan untuk memperdalam ilmu kimia pembaca.

1 komentar: