Selasa, 10 November 2009

Pengetahuan Bahan untuk Industri

XI IPA 3/ 2 Agnes Sarita

Judul: Pengetahuan Bahan untuk Industri
Pengarang: Hans Krämer - Johann Scharnagl
Penerbit: Katalis
Tebal halaman: 160


Hidup kita tidak terpisahkan dari berinteraksi dengan alam. Di sekitar kita, ada banyak jenis benda yang tidak bernyawa, baik yang merupakan benda logam, maupun non logam. Benda-benda tersebut banyak membantu kita dalam melakukan aktifitas.
Dalam bidang perindustrian, bahan-bahan logam dan non logam digunakan dalam produksi. Buku Pengatahuan Bahan untuk Industri ini terbukti keandalannya dan dibuat untuk menjadi buku acuan bagi para ahli yang berkecimpung dalam praktik penanganan bahan di berbagai cabang industri logam, maupun sebagai buku pelajaran.
Buku ini merupakan buah nyata dari upaya mengadaptasi system dual pendidikan kejuruan yang sangat berhasil di Jerman untuk keperluan Indonesia. Merupakan terjemahan dari bahasa Jerman, didasarkan atas edisi ketiga yang direvisi dari Werkstoffkunde fur Praktiker.
Di awal buku ini, dibahas mengenai sifat dasar dan pengelompokkan bahan. Buku ini memberi penjelasan lengkap mengenaii bahan baku logam. Mulai dari struktur logam sampai metalurgi serbuk. Keunggulannya adalah buku ini dilengkapi dengan grafik dan ilustrasi gambar, sehingga mudah dipahami.
Sesuai dengan arti pentingnya bagi industri, buku ini membahas logam-logam-logam besi dibahas secara terperinci. Bahasa yang digunakan cukup sederhana bagi kalangan pelajar. Logam-logam non fero diuraikan juga, namun tidak terlalu terperinci. Begitu pula bahan-bahan nonlogam, khususnya plastik dan bahan perekat konstruksi.
Pada bagian terakhir, diuraikan tentang informasi mengenai bahan-bahan Bantu. Misalnya bahan penggerinda dan bahan pemoles, bahan pendingin, bahan pelumas, dan minyak penyayatan dan minyak pendingin. Juga dijelaskan mengenai korosi dan perlindungan terhadapnya, metode pengujian bahan.
Buku ini juga dilengakapi dengan indeks. Untuk memudahkan pemanfaatannya sebagai buku acuan.

1 komentar: