Minggu, 15 November 2009

Principles of Biochemisty

XI IPA 1 - 26 Nerrissa

Judul Buku : Principles of Biochemisty
Pengarang : Donald J. Voet, Judith J. Voet, Charlotte W. Pratt
Penerbit : John Wiley & Sons, Inc.
Cetakan ke : tiga (3)
Jumlah Halaman : 1173 halaman

Kelebihan buku :
Buku ini membahas hampir semua proses kimia yang berlangsung dalam lingkup biologi. Keterangan dari setiap proses pun lengkap. Mulai dari reaktan, proses yang terjadi, perubahan suhu dan warna, serta produk reaksi yang kemudian akan digunakan dalam reaksi berikutnya. Tidak hanya fokus pada reaksi kimia seperti hal nya buku-buku pada umumnya, buku ini juga menjelaskan banyak hal tentang struktur molekul dari setiap elemen.
Dalam pembahasan juga banyak ditambahkan ilustrasi dan gambar di samping tulisan. Sehingga mempermudah kita untuk mengerti.


Kekurangan buku :
Buku ini ditulis dalam bahasa Inggris sehingga akan menyulitkan pembaca yang tidak fasih berbahasa Inggris. Dan pembahasan terlalu terfokus pada metabolisme sehingga kurangnya penjelasan untuk proses dan reaksi kimia.
Secara fisik, buku ini menarik karena memiliki banyak warna. Tetapi di samping itu juga terlihat menurunkan semangat pembaca karena halamannya yang banyak.

Sinopsis :
Tubuh makhluk hidup terdiri dari sel. Sel pada umumnya, kecuali sel darah merah, memiliki inti sel. Di dalam inti sel ini terdapat benang-benang kromatid yang mengikat nukleotida. Nukleotida memiliki basis planar, aromatic, dan heterosiklik yang menyusun molekul-molekul derivate dari purine atau pyrimidine. Ini adalah struktur terkecil dalam tubuh makhluk hidup yang mengatur seluruh kegiatan di dalam tubuh makhluk hidup.
Nukleotida ini mengambil bagian dalam proses metabolisme (siklus asam sitrat) intrasel untuk menghasilkan adenosine triphosphate (ATP) yang digunakan untuk menghasilkan energi dalam reaksi hidrolisis dengan produk adenosine diphosphate (ADP).
Dalam metabolisme juga digunakan berbagai jenis katalis. Katalis yang dimaksud adalah enzim. Enzim yang bekerja dibagi menjadi 6 klasifikasi : Oxidoreductase (untuk rekasi redoks), Transferase (untuk grup transfer), Hydrolase (untuk reaksi hidrolisis), Lyase (untuk melepaskan ikatan ganda), Isomerase (untuk reaksi isomer), dan Ligase (untuk membuat ikatan ganda dengan hidrolisis ATP).
Selanjutnya, hasil energi dan senyawa dari metabolisme akan digunakan untuk pembuatan asam amino dalam ribosom dengan pengkodean berdasarkan struktur asam nukleat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar