Minggu, 15 November 2009

Kimia Fisika untuk Paramedis


XI IPA 1 - 16 Kezia Jennifer

Judul : Kimia Fisika Untuk Paramedis
Pengarang : Estien Yazid
Penerbit : ANDI, Yogyakarta
Tahun terbit : 2005
Jumlah Halaman : 230 halaman
Bahasa : Indonesia
No.ISBN : 979- 731-813-3


Buku “Kimia Fisika Untuk Paramedis ini” berisi tentang tenaga kesehatan, terutama dalam bidang fisika dan kimia. Materi buku ini mengacu pada kurikulum pendidikan tinggi Analis Kesehatan tingkat diploma (DIII) dan cocok untuk parah mahasiswa. Buku ini tersusun atas 9 bab dan secara garis besar buku ini menjelaskan tentang sifat-sifat kimia dan fisika suatu zat seperti gas,cairan, larutan, koloid,dan makromolekul.
Bagian kimia dalam buku ini menjelaskan tentang larutan yang memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bab ini dijelaskan tentang macam-macam larutan, kuantitas relatif suatu zat (konsentrasi), komponen larutan itu sendiri, pembentukannya, solvasi dan sebagainya. Selain itu, buku ini juga membahas tentang sifat dari larutan; koloid ( zat yang sukar digolongkan sebagai zat padat, cair atau gas ); makromolekul yang mempunyai pembahasan tentang sifat, jenis, penentuan berat molekul dan sebagainya; dan metode pemisahan atau pengambilan zat terlarut dalam larutan yang dinamakan ekstrasi pelarut. Isi buku buatan Estien Yazid ini tidak hanya berkisar tentang kimia saja, tetapi ada pembahasan tentang fisika, bahkan menyatupadukan fisika, kimia dan sedikit unsur biologi,seperti pada bab larutan, pada bab ini juga dijelaskan tentang osmosis dan dikaitkan dengan teori molekul serta teori tentang tekanan.
Banyak kelebihan yang terdapat pada buku ini, salah satunya adalah buku ini disusun secara sistematis. Bahan-bahan saling berhubungan dari satu bab ke bab yang lain serta dari suatu pembahasan ke pembahasan yang lain, semua nya diatur secara rapi.Tidak hanya itu saja, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai contoh-contoh soal serta pertanyaan yang dapat melatih para pembacanya untuk dapat lebih memahami apa yang dibahas. Pertanyaan/ contoh soal yang diberikan pun tidak hanya satu tetapi beragam sehingga terdapat banyak variasi soal dan terdapat pula penyelesaian dari soal-soal tersebut. Bahasa yang digunakan dalam buku ini cukup baik karena dapat dimengerti segala isinya, juga terdapat arti tentang kosa kata yang sulit, sehingga apa yang disampaikan oleh penulis buku ini dapat dipahami dan diserap oleh pembaca.
Ada keunggulan juga ada kelemahan, kelemahan yang saya lihat dari buku ini adalah buku ini tidak terdapat banyak gambar yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi yang sedang dibahas dan juga buku ini tidak berwarna, sehingga kurang menarik minat pembaca untuk membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar