Kamis, 12 November 2009

Kartun Kimia

XI IPA 3 - 20 Monik‏

Judul : The Cartoon Guide to Chemistry
Penulis : Larry Gonick dan Craig Criddle
Penerbit : Jakarta; KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2006
Tebal : vi + 250

Buku The Cartoon Guide to Chemistry- buku ke 14 yang dibuat oleh seorang kartunis bernama Larry Gonick bersama dengan seorang profesor Craig Criddle sangatlah unik dikarenakan pelajaran kimia yang menggunakan gambar-gambar dan alur komik sehingga sangat menarik untuk dibaca dan tidak terasa membosankan. Buku ini termasuk menjadi salah satu buku yang khusus karena dalam pembuatan buku ini, Larry Gonick bekerja sama dengan Craig Criddle yang merupakan seorang profesor dari Stanford University.
Larry Gonick (lahir 1946) adalah seorang kartunis terkenal karena Kartun History of the Universe, sejarah dunia dalam bentuk buku komik, yang telah terbit dalam angsuran sejak tahun 1977. Ia juga menulis The Kartun Sejarah Amerika Serikat, dan dia telah menyesuaikan format untuk serangkaian buku panduan yang ditulis bersama mata pelajaran lain, dimulai dengan The Cartoon Guide to Genetics pada tahun 1983. Dari 1990 hingga 1997, Gonick bimonthly menulis "Science Classics" kartun untuk majalah sains Discover. Setiap dua halaman komik dibahas perkembangan ilmiah baru-baru ini, sering kali satu dalam penelitian lintas disiplin. Selama tahun akademik 1994-95, Gonick adalah seorang Knight Science Journalism Fellow di MIT.

Kartun Kimia menerangkan dasar-dasar kimia antara lain sejarah ilmu kimia, sifat-sifat unsur, ikatan kimia, reaksi, wujud zat, larutan, asam-basa, elektrokimia, stoikiometri, dan kimia organik.
Dalam sejarah ilmu kimia, kita benar-benar diajak untuk melihat kehidupan jaman dahulu, dimana banyak penganut teori atom masih menduga-duga bahwa segala sesuatu berasal dari api, bagaimana terjadinya perubahan warna pada suatu benda yang dibakar, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari peristiwa itu. Buku ini juga membahas mengenai struktur atom, dimana kita diberitahu atom mana yang paling kecil, makin ke kanan semakin besar atau kecil, dan disertai dengan gambar juga sehingga menjadi mudah menghafalkannya.Ada juga bagian yang menurut saya paling menarik, yaitu pada bab ‘Kebersamaan’, dimana disitu dibahas tentang mengapa kristal garam jika dipukul dengan palu begitu rapuh, tetapi ada juga pada logam tidak rapuh, melainkan hanya mengalami pembengkokan.

Kelebihan yang terdapat pada buku ini adalah kita diajak untuk benar-benar memahami pelajaran kimia, tetapi tidak dalam kalimat yang susah atau membosankan melainkan akan menjadi sangat menyenangkan karena dipenuhi dengan gambar-gambar yang mendukung apa yang dibicarakan, sangat menarik dan membantu dalam memahami kimia. Disertai juga dengan contoh soal yang membuat kita dapat membayangkan dari teori yang telah diterapkan pada buku tersebut, dan juga dengan dibesarkan dan ditebalkannya tulisan yang penting, dan digagaskannya kembali pengertian yang penting membuat kita semakin mudah menghafal dan mengerti.
Buku ini tidak hanya cocok dibaca oleh para kalangan anak SMA, tetapi juga cocok dibaca untuk anak SMP, dan orang tua karena alur ceritanya yang terstruktur dan tidak terlalu padat.
Tetapi dalam membaca buku ini, diperlukan pemahaman yang sangat bagus, karena banyak gambar dan tulisannya sedikit sehingga banyak kalimat yang tidak dapat dimengerti, dan juga tokoh-tokoh dalam komik tersebut beragam dan tidak ditentukan, sehingga agak sulit dalam mengartikannya.
Mengingat banyaknya istilah dalam buku ini, lebih baik jika ada halaman khusus yang menuliskan khusus istilah-istilah yang ada pada kalmat-kalimat, dan dikelompokkan menurut abjad, sehingga mencarinya menjadi lebih mudah.

1 komentar: