Minggu, 15 November 2009

Kalo Einstein Jadi Koki, Sains Di Balik Urusan Dapur

XI IPA 1 - 31 Selestina

Judul : Kalo Einstein Jadi Koki, Sains Di Balik Urusan Dapur
Pengarang : Robert L. Wolke
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : 2005
Jumlah halaman: xvii + 351 halaman


Dapur dan makanan menjadi topik yang tidak pernah bosan-bosannya dibahas oleh orang. Alasannya karena dua hal: pertama makanan adalah sesuatu yang disukai oleh semua orang. Kedua, karena topik ini begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun, pernahkah terpikirkan oleh anda untuk membahas mengenai dapur dan makanan melalui perspektif sains?
Buku karangan Robert L. Wolke inilah jawabannya. Buku ini adalah sebuah buku yang membahas tentang seluk-beluk makanan yang dibahas dari perspektif sains. Buku ini sangat menarik karena buku ini menjawab pertanyaan berkenaan dengan apa yang kita temui sehari-hari di dapur, pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak terpikir oleh kita namun mengundang rasa keingintahuan. Sebagai contoh, sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa cokelat putih tidak mengandung cokelat sama sekali. Cokelat putih sebenarnya merupakan campuran antara mentega (lemak) dari buah cocoa yang dicampur dengan gula dan susu. Namun ada juga cokelat putih yang bahkan tak dibuat dari lemak cokelat namun dibuat dengan minyak nabati yang dihidrogenisasi.
Buku ini dibagi menjadi Sembilan bab yang dipisahkan menurut cakupannya. Tiap-tiap bab dikemas dalam format pertanyaan dan jawaban, menjadikan buku ini menarik untuk dikuti. Namun hal tersebut mungkin menimbulkan kesulitan bagi sabagian pembaca karena format tersebut akan menyulitkan bagi mereka yang inginmencari topik tertentu. Di bagian terakhir buku ini terdapat daftar istilah-istilah sains yang digunakan, yang akan sangat membantu orang-orang yang masih awam dalam bidang sains.
Buku ini amat direkomendasikan bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari sains namun malas membaca buku-buku tebal dengan teori yang sulit dimengerti. Walaupun buku ini secara khusus membahas mengenai sains dalam urusan dapur, buku ini juga membantu kita untuk mengerti tentang sains, khususnya kimia. Pembahasan buku ini sangat detail namun menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga dapat dinikmati oleh remaja bahkan orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar