Minggu, 08 November 2009

Horrible Science - Measly Medicine


XI IPA 2 - 25 Olga Bernadet

Judul : HORRIBLE SCIENCE ~ Measly Medicine ~

Penulis :
Ilustrator :
Penerbit :
Tahun terbit : 2006
Tebal : 164 halaman

Resensi :
Measly Medicine adalah salah satu judul buku dalam seri Horrible Science yang membahas mengenai obat-obatan dan metode pengobatan yang digunakan beserta invensi-invesi dalam dunia medis yang menggantikan invensi-invensi sebelumnya, baik invensi yang masih digunakan hingga saat ini, ataupun invensi yang sudah digantikan oleh invensi lain.
Dalam buku ini, dijelaskan mengenai bahan obat-obatan yang digunakan manusia dari zaman purba kala (dan mungkin sebenarnya tidak relevan bila digunakan dalam pengobatan modern), misalkan penggunaan daun kol sebagai obat utama dalam kehidupan di Emperium Romawi Kuno. Pada masa itu, daun kol yang ditempelkan begitu saja pada bagian tubuh yang menderita sakit dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Selain itu, dalam buku ini juga dijelaskan berbagai metode pengobatan dari seluruh dunia, misalkan akupuntur yang digunakan sejak zaman Dinasti Tang, Yoga yang digunakan di India sebagai metode untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta pengobatan (khususnya pembedahan) yang digunakan oleh bangsa Romawi ketika banyak prajuritnya terluka akibat perang.
Selanjutnya, buku ini menjabarkan mengenai hal-hal menarik mengenai dunia medis, misalkan kesalah para penemu dan tabib di masa lalu, misakan mengenai* yang mengira bahwa merkuri (yang dalam tanda kutip merupakan bahan yang paling membahayakan kesehatan) sebagai obat yang paling mujarab.
Menurut pengamatan saya, buku ini merupakan buku yang amat menarik untuk dibaca. Selan karena ilustrasinya yang menarik, penyampaian dalam buku ini sangat ringan sehingga mudah dicerna oleh pembaca yang kurang akrab denga dunia medis. Selain itu, dalam buku ini , pembaca juga diperkenalkan dengan alat-alat yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa kondisi tubuh pasien, sehingga pengetahuan pembaca bertambah. Dalam buku ini juga diberikan beberapa kuis yang menarik minat pembaca untuk menggali lebih lanjut mengenai dunia kesehatan.
Namun, menurut saya, buku ini kurang menampilkan komposisi obat-obatan yang sering digunakan, bahan kimia apa yang baik untuk dikonsumsi dan tidak baik untuk dikonsumsi sebagai obat serta komplikasi apa yang terjadi jika terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sehingga kurang berkenaan dengan judulnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar