Minggu, 15 November 2009

Teknologi Beton

ERSA-XI IPA 1/9

Identitas Buku :
Judul Buku : Teknologi Beton
Penulis : Ir. Kardiyono Tjokrodimuljo, M.E
Penerbit : BIRO PENERBIT TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS GAJAH MADA
Cetakan : II,2009

Resensi isi buku :
Selain baja dan kayu, akhir-akhir ini beton sangat banyak digunakan secara luas sebagai salah satu bahan bangunan. Beton normal diperoleh dengan mencampurkan semen Portland,air, dan agregat.
Namun, macam-macam semen dengan mutu dan jenis beton khusus kini telah berkembang sesuai dengan perkembangan jenis struktur dan jenis bangunan akhir-akhir ini. Untuk menghasilkan beton khusus tersebut ditambahkanlah bahan-bahan tambahan seperti pozolan, bahan kimia pembantu, serat, dsb.
Maka dari itu, beton sekarang merupakan bahan yang penting dalam membangun suatu bangunan. Untuk itu, semua proses pembuatan beton biasa ataupun beton harus melalui proses yang tepat dari pemilihan bahan yang digunakan untuk membuat beton, sampai ke prose pembuatannya sendiri dan perancangan camuran beton.
Buku ini membahas tentang agregat, air, bahan tambahan,cara pengolahan beton, sifat beton segar, sifat beton, mortar, pengendalian pekerjaan pembetonan, pengambilan contoh, beton khusus, sampai ke perancangan campuran adukan beton untuk beton normal. Semuanya tersusun dalam bab-bab untuk setiap topik pembahasan.

3 komentar:

  1. aku lagi cari cari buku ini...dimana ya bisa belinya.....

    BalasHapus
  2. Bedanya buku edisi ini sama yang cetakan 2007 apa ya?

    BalasHapus