Minggu, 15 November 2009

Bahaya Alkohol dan cara mencegah kecanduannya

XI IPA 1 - 2 Andrea.doc

Resensi Buku Kimia
Identitas:
• Judul : BAHAYA ALKOHOL dan cara mencegah kecanduannya
• Pengarang : Dra. Hartati Nurwijaya, Prof. Zullies Ikawati Ph.D, dkk
• Penerbit : PT Elex Media Komputido
• Cetakan : Pertama
• Jumlah Halaman : 274 halaman

Ringkasan Isi buku:
Alkohol kini menjadi salah satu masalah yang cukup besar di Indonesia. Banyak korban-korban berjatuhan akibat minuman ini. Walaupun begitu ternyata minuman inipun kerap digunakan sebagai minuman untuk acara adat ataupun sebagai minuman senang-senang karena minuman ini ternyata menyebabkan efek ketagihan. Namun ternyata, alkohol ini bila dikonsumsi terlalu banyak, dapat menyebabkan penyakit. Contohnya saja bila anda mengkonsumsi Red wine, walaupun dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan peyakit kardiovaskuler, ternyata resiko untuk mengalami penyakit lain karena mengkonsumsi nya ternyata lebih besar.
Di dalam buku ini diungkapkan, tidak hanya mengenai kandungan-kandungan zat kimia apa saja yang ada di dalam minuman beralkohol ini, tapi juga mulai dari sejarah ditemukannya alcohol dan cara penyebarannya di beberapa Negara besar yang mengkonsumsi alkohol seperti Indonesia, Prancis, Australia, Yunani, Rusia, dan Jepang berikut dengan jenis-jenis nya dan berapa persen kandungan alkohol yang ada di dalam minuman tersebut. Dijelaskan pula, bagaimana pandangan agama mengenai minuman ini dari 5 sudut pandang agama yaitu; Islam, Khatolik-Kristen, Buddha, Hindu, dan Kong Hu Cu
Dilengkapi pula dengan pengalaman-pengalaman para pecandu alkohol dari berbagai belahan dunia yang tragis dan dramatis dan juga akibatnya bagi hidup secara fisik dan kehidupan sosial si pecandu. Dilengkapi dengan tips-tips bagi pecandu alkohol dan keluarganya menjadikan buku ini cukup menarik untuk dibaca dan juga sebagai referensi agar kita tidak sekalipun mencoba-coba minuman ini,agar tidak terjerumus ke dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar