Kamis, 12 November 2009

Kimia Fisika untuk Paramedis

XI IPA 3 / 27 Renetta Astari

Identitas
Judul : Kimia Fisika Untuk Paramedis
Pengarang : Estien Yazid
Penerbit : Penerbit Andi
Cetakan : Tahun 2005
Jumlah Halaman : 230 halaman

Ringkasan/ Resensi :
Buku kimia fisika untuk paramedis ini merupakan buku ajar bagi pendidikan tenaga kesehatan, khususnya mata ajaran kimia fisika disusun dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami, dengan mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Analisis Kesehatan Tingkat DII.
Pokok bahasan yang disajikan meliputi sifat- sifat kimia dan fisika suatu zat seperti gas, larutan, cairan, koloid dan makromolekul. Juga diberikan uraian tentang dasar- dasar pemisahan suatu senyawa seperti ekstraksi pelarut dan kromatografi.
Pembahasan kimia yang pertama tentang larutan yang menyangkut komponen, pembentukan larutan, hubungan kelarutan dan pengaruh suhu dan tekanan pada kelarutan, konsentrasi larutan, larutan ideal dan destilasi. Penjelasan mengenai larutan akan dilanjutkan pada bab selanjutnya yang menyangkut sifat larutan, yang terbagi dalam sifat larutan non elektrolit dan sifat larutan elektrolit. Setelah membaca penjelasan secara rinci mengenai larutan, selanjutnya akan dibahas makromolekul yang menyangkut jenis, sifat dan penentuan berat molekul. Pembahasan terakhir kimia yaitu ekstrasi pelarut yang menyangkut klasifikasi, hukum partisi, teknik ekstraksi, persen ekstraksi, beberapa pertimbangan praktis dan pelucutan (stripping).

Kelebihan atau Kelemahan:
Kelebihan:
Disusun dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dengan mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Analisis Kesehatan Tingkat DII.

Kelemahan:
Gambarnya terlalu sedikit sehingga sulit membayangkan hal- hal yang sedang dibahas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar