Minggu, 08 November 2009

Kartun Kimia

Stephanie Lukita XI IPA 2 / 32

IDENTITAS BUKU
Judul buku : Kartun Kimia
Pengarang : Larry Gonick dan Craig Criddle
Penerjemah: : Utti Setiawati
Penyunting: : Andya Primanda
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun terbit : Februari 2006 (cetakan pertama)
Tempat terbit : Jakarta
Tebal buku : vi + 250 halaman
Ukuran buku : 17,5 cm x 22 cm
Harga buku : Rp 40.000,00

Kimia adalah sebuah kata dalam perbendaharaan ilmu alam yang kerap kali Anda dengar dan temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja kata kimia bukanlah kata yang sama sekali asing bagi Anda, bahkan mungkin Anda pernah menggunakan kata kimia dalam percakapan Anda. Begitu banyak hal-hal yang terjadi di sekitar Anda tanpa Anda menyadari bahwa hal tersebut adalah salah satu reaksi kimia, misalnya saja perkaratan besi dan pernafasan. Namun, apakah arti kimia itu sebenarnya? Bersama ahli kimia Larry Gonick dan Craig Criddle dalam karyanya yang berjudul Kartun Kimia, Anda akan dapat memahami dan mendalami apa itu kimia dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan kimia.
Kartun Kimia adalah sebuah buku yang membahas mengenai ilmu kimia. Buku ini bersifat edukatif namun dikemas dalam bentuk komik dan dilengkapi dengan ilustrasi yang humoris serta kondusif dalam proses belajar. Buku ini telah ditata sedemikian rupa sehingga pembahasan yang disampaikan berurutan dan sistematis, yaitu mulai dari sejarah kimia, unsur-unsur kimia, sistem periodik, konfigurasi elektron, energi ionisasi, afinitas elektron, ikatan kimia, reaksi kimia, stoikiometri, kalor reaksi, wujud zat, larutan, laju reaksi dan kesetimbangan, larutan asam-basa, termodinamika kimia, elektrokimia, dan kimia organik. Sajian yang sistematis tersebut memudahkan para pembaca memahami ilmu kimia satu persatu secara berurutan, mulai dari konsep yang paling dasar hingga lebih lanjut, sehingga para pembaca tidak bingung dalam memahami suatu materi yang disampaikan.
Kartun Kimia sangat cocok untuk dibaca oleh para siswa yang sedang mempelajari ilmu kimia di sekolah, terutama karena selain berisi ilmu pengetahuan yang bermutu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik yang dapat mempermudah para siswa dalam memahami kimia. Melalui buku ini pula, diharapkan minat dan ketertarikan para siswa terhadap ilmu kimia semakin meningkat serta mampu memupuk rasa ingin tahu dalam diri para siswa terhadap proses-proses kimiawi yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Di samping itu, materi yang dibahas dalam Kartun Kimia berhubungan dan memiliki keterkaitan dengan materi yang dipelajari di sekolah, sehingga dengan membaca buku ini, dapat membantu meningkatkan nilai pelajaran kimia para siswa di sekolah. Dengan demikian, kimia tidak lagi menjadi sosok yang menakutkan bagi para siswa.
Bahasa yang digunakan dalam Kartun Kimia adalah Bahasa Indonesia yang formal dan baku, namun cukup interaktif dan komunikatif. Kata-kata dirangkai seringan mungkin dan tidak berbelit-belit sehingga masyarakat umum dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah, namun karena Kartun Kimia membahas mengenai sains atau ilmu alam, maka apabila buku ini tidak dibaca dengan sungguh-sungguh tetap akan sulit dalam memahami isinya. Istilah-istilah kimia yang ada tidak begitu sulit untuk dipahami dan cukup umum didengar. Pada bagian belakang buku ini dilengkapi pula dengan indeks yang berisi istilah-istilah kimia yang digunakan dalam buku tersebut berikut halamannya untuk memudahkan dalam proses pencarian.
Buku Kartun Kimia dijual dengan harga yang relatif standar apabila dibandingkan dibandingkan dengan buku-buku ilmu pengetahuan lainnnya. Distribusi buku pun sudah baik karena buku ini mudah ditemukan di toko buku terdekat dan mudah didapatkan. Sayangnya, dari segi fisik ukuran buku Kartun Kimia agak terlalu besar dan agak berat sehingga tidak praktis untuk dibawa ke mana saja dan dibaca kapanpun juga.
Membaca Kartun Kimia memiliki banyak manfaat bagi Anda. Selain dapat membantu Anda dalam memahami hal-hal yang berkaitan dengan ilmu kimia, membaca Kartun Kimia juga dapat menghibur Anda melalui ilustrasi-ilustrasinya yang jenaka dan penuh gelak tawa. Buku Kartun Kimia juga menambah wawasan Anda mengenai hal-hal kimiawi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ilmu-ilmu kimia yang dipelajari juga tidak hanya bersifat teoritis, tetapi dapat pula berguna dalam kehidupan sehari-hari, misalnya aseton untuk membersihkan cat kuku serta boraks dan formalin yang berfungsi sebagai pengawet.
Melihat fakta-fakta di atas, tentunya menarik bukan mempelajari kimia melalui buku Kartun Kimia?

2 komentar:

  1. agh...gagal deh tugas inventionku duhh ternyata udah ada toh buku komik tentang kimia kek gini. :"

    BalasHapus