Minggu, 08 November 2009

Kartun Kimia

JANE TANZIL XI IPA 3 / 15

TAK PERLU JADI ILMUWAN UNTUK MEMAHAMI KIMIA
Identitas Buku
Judul Buku : Kartun KIMIA
Penulis : Larry Gonick dan Craig Criddle
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Cetakan : Cetakan I, Febuari 2006
Tebal : 250 halaman
Resensi
Kimia memang merupakan pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami, tapi itu bukan berarti kita tidak dapat memahaminya. Proses yang terjadi di dalam kimia itu tak kasat mata. Itulah sebabnya manusia bisa lebih dulu memahami fisika daripada kimia. Walaupun demikian, dunia kimia sangatlah dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Formalin, boraks, helium, antioksidan adalah sebagian kecil dari istilah-istilah kimia yang sering kita temui sehari-hari. Tapi apakah kita tahu darimanakah benda-benda itu berasal, bagaimanakah bentuknya dan apakah pengaruh benda-benda tersebut bagi kehidupan kita?
Dunia kimia yang sangat luas dan sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari kita membuat kimia sangatlah menarik untuk dipelajari dan dipahami. Melalui buku ‘Kartun KIMIA’ yang merupakan terjemahan dari buku ‘The Cartoon Guide to Chemistry’ kita ditawarkan untuk memahami dunia kimia dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Buku karangan Larry Gonick dan Craig Criddle ini mengajak para pembacanya untuk berpetualang ke dunia kimia yang sangat seru dengan disertai ilustrasi-ilustrasi yang sangat menarik dan penjelasan yang cukup mudah untuk dipahami.
Buku ‘Kartun KIMIA’ ini dibagi ke dalam 12 bab dan lampiran tentang cara penggunaan logaritma pada penerapan kimia. Dari bab paling sederhana sampai bab yang paling kompleks dipaparkan di dalam buku ini membuat pembaca dapat terlebih dulu mengenal hal-hal dasar mengenai kimia barulah memahami kimia secara lebih mendalam. Setiap bab di dalam buku ini dibuat semenarik mungkin dengan ilustrasi-ilustrasi yang sesuai dengan penjelasan yang ada, membuat para pembaca dapat ingin terus membalik halaman demi halaman dari buku ini.
Ringan tapi bermanfaat. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan buku ini. Dengan organisasi karangan yang menyerupai komik, tapi kita dari situ kita dapat memahami sesuatu yang penting bagi kehidupan ini, yaitu dunia kimia. Setelah membaca buku ini, penulis berharap agar para pembaca dapat menganggap bahwa dunia kimia sangatlah luar biasa dan tidaklah begitu sulit untuk dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar