Selasa, 10 November 2009

Kimia Anorganik

ADINE XI IPA 3 / 1

Judul Buku: Kimia Anorganik (202 halaman)
Pengarang: Taro Saito, diterjemahkan oleh Ismunandar

Resensi:
Buku ini memaparkan konsep dan fakta yang penting untuk memahami kimia anorganik modern. Semua unsur kecuali yang sangat berat telah ditemukan dan kerangka teoritis ikatan, struktur dan reaksi telah dibangun. Menurut buku ini, tujuan utama kimia anorganik di masa datang adalah sintesis senyawa-senyawa dengan modus ikatan dan struktur yang unik, dan penemuan reaksi-reaksi baru serta sifat-sifat senyawa baru tersebut.
Saat ini lebih dari sepuluh juta senyawa organik telah dikenal dan jumlah senyawa anorganik yang dapat disintesis dari kombinas unsur yang ada tak hingga banyaknya. Baru-baru ini, ditemukan senyawa tembaga oksida dengan sifat super konduktornya dan alotrop karbon baru C. Ini bukti bahwa riset di bidang tersebut sangat aktif.
Dengan penemuan senyawa baru, hukum empiris baru diusulkan dan teori baru yang menjelaskan ikatan, struktur, dan sifat-sifat reaksi fisik ditemukan. Namun, pengetahuan kimia klasik peting sebelum orang dapat mempelajari kimia yang baru. Kelebihan buku ini adalah membantu mempelajari metoda sintesis, struktur, ikatan, dan reaksi utama senyawa-senyawa dasar. Buku ini memaparkan senyawa-senyawa penting secara sistematis sepanjang table periodik yang membuat pembaca memahami senyawa-senyawa khas baik yang dalam wujud molekul maupun padatan. Teori yang menjelaskan sifat-sifat ini diperoleh dari kimia-fisika.
Kelebihan lain dari buku ini adalah menjelaskan bahwa anorganik sangat penting bukan hanya sebagai sains dasar tetapi juga sebagai salah satu dasar dari berbagai teknologi modern. Zat sederhana dan senyawa anorganik padat digunakan di berbagai industri informasi, komunikasi, otomotif, penerbangan serta berbagai industri tradisional. Senyawa anorganik juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam sintesis organic dengan senyawa kompleks, katalis homogen, fungsi bioanorganik, dsb. Salah satu faktor perkembangan kimia anorganik yang pesat adalah perkembangan penentuan struktur dengan teknik sinar-X. Kini karena akumulasi data structural senyawa anorganik telah cukup banyak, struktur dan fungsi senyawa-senyawa menjadi mudah untuk dijelaskan. Dengan kata lain revolusi dalam kimia organik sedang berlangsung.
Buku ini merupakan terjemahan dari versi Inggris (yang merupakan terjemahan dari versi bahasa Jepang) yang merupakan seri buku untuk mahasiswa tahun pertama dan kedua. Seri ini diterima baik di Jepang sejak publikasi pertamanya di tahun 1996 sebagai pendekatan kimia modern yang unik, kimia kini semakin dipandang sukar untuk dipelajari dalam waktu yang singkat selama studi di universitas. Oleh karena itu, pengarang membuat buku ini untuk menambah akses para mahasiswa yang terbatas akan buku-buku kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar