Sabtu, 07 November 2009

Kartun Kimia

XI IPA 2 – 30 Sisilia Susiska, Soo

Identitas Buku
Judul Buku : Kartun Kimia
Jenis buku : Nonfiksi ( sains )
Pengarang : Larry Gonick dan Craig Criddle
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Kota tempat terbit : Jakarta
Tahun terbit : Cetakan pertama, Februari 2006
ISBN : 979-91-0042-9
Tebal : vi + 250 halaman
Harga : Rp. 38.000,-

Dalam dunia dewasa ini, banyak anak maupun orang awam yang selalu beranggapan bahwa pelajaran sains merupakan pelajaran yang tidak menyenangkan, membosankan dan tentu saja membutuhkan otak yang encer serta waktu yang cukup lama untuk memahaminya. Kimia yang merupakan salah satu cabang pelajaran sains pun sering kali dianggap identik dengan para ilmuan dan penemu-penemu hebat lainnya. Padahal sebenarnya kimia memiliki kaitan yang erat dalam kehidupan sehari-hari.
Jika kita mempelajari kimia tentulah kita dapat mengetahui bagaimana es mencair, butiran gula dapat larut dalam air teh, membusuknya makanan maupun bagaimana terjadinya peristiwa perkaratan. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik dipelajari namun sering kali penyampaian yang diterima oleh anak atau orang awam menggunakan metode yang tidak mudah dimengerti. Hal inilah yang membuat orang awam maupun anak menjadi malas untuk mempelajari kimia. Oleh sebab itu, kini hadir buku komik kimia yang mengemas pelajaran kimia dalam bentuk yang lebih menarik dan pastinya mudah dimengerti oleh anak maupun orang awam karena menggunakan bahasa yang umum.
Dalam buku ini dipaparkan secara jelas bagaimana ilmu kimia ditemukan oleh para ahli zaman dahulu. Bahkan ternyata manusia purba pun telah menggunakan ilmu kimia yaitu dengan menggosokkan kayu kering dengan batang kayu kering lainnya untuk membuat api. Api pun sekarang ini menjadi sesuatu yang amat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Di mulai dari api, para ilmuan pun akhirnya menemukan oksigen dan kemudian mendapatkan partikel-partikel kecil penyusun segala materi yang disebut dengan atom.
Pada bab kedua kita dapat menemukan pula bagaimana listrik yang sangat bermanfaat mulai ditemukan dengan adanya batu ambar yang dapat menarik rambut manusia setalah digosok-gosokkan. Kemudian dijelaskan pula bagaimana partikel-partikel kecil penyusun segala materi bersama-sama (berikatan) membentuk suatu molekul maupun senyawa yang akhirnya menghasilkan benda-benda yang ada disekeliling kita. Semua peristiwa kimia yang ada disekitar kita tanpa disadari pun secara sistematis serta berkesinambungan telah dipaparkan dengan detail sehingga sangat memudahkan kita orang awam untuk mengerti apa maksudnya.
Selain bahasanya yang mudah dimengerti, kelebihan buku ini adalah dilengkapinya dengan ilustrasi dan gambar-gambar seperti komik yang semakin membuat kita para pembaca tertarik untuk mempelajari ilmu kimia. Isinya pun sangat realistis dengan kenyataan yang ada, dalam setiap bab / materi yang dikemukakan disertai dengan contoh-contoh konkrit. Misalnya saja pada bab “zat dalam suatu wujud” (bab 6) dijelaskan bahwa mengapa air yang terus-menerus dipanaskan akan hilang dalam panci. Hal ini dikarenakan adanya perubahan wujud zat cair menjadi zat gas (menguap) karena air telah melampaui titik didihnya.
Namun sayangnya, terlepas dari semua hal di atas penyajian/ tata letak buku ini masih perlu diperhatikan karena meskipun terdapat gambar/ ilustrasi yang menarik, tulisan yang merupakan penjelasan dari gambar terlihat banyak dan menumpuk tidak teratur hampir pada setiap halaman. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan mata kita saat membaca. Oleh sebab itu, sebaiknya tulisan yang digunakan jangan terlalu banyak berhuruf besar tetapi dapat digantikan dengan huruf yang jelas namun menarik untuk dibaca. Meskipun begitu, hal tersebut dapat terabaikan dengan banyaknya kelebihan yang membuat kita tertarik untuk membaca buku bermanfaat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar